Senin, 18 April 2016

Antusiasme Peserta Workshop Pengembangan Media dan Metodologi PAI Berbasis ICT



Kegiatan pelatihan selama ini lebih besifat formalitas, hanya demi mendapatkan sertifikat, setelah pelatihan (baca: diklat, workshop, seminar, dan sejenisnya), hanya sedikit yang kemudian diimplementasikan dalam tupoksinya, dalam hal ini sebagai guru pendidikan agama Islam, atau bahkan tidak sama sekali.
Satu hal yang sangat menggembirakan adalah semangat untuk mengikuti sesuatu, karena ini menjadi indikasi akan jaminan keberlanjutan suatu kegiatan apalagi yang bersifat pelatihan. Kegiatan workshop yang diselenggarakan oleh MGMP PAI SMP Kota Tangerang di Wisma Tamu Puspiptek (WTP) Serpong Tangerang Selatan, tanggal 14-16 April 2016 diharapkan seperti itu, agar tidak mubazir, yang hanya menghabiskan uang dan waktu.
Kegiatan workshop kali ini terlihat begitu berbeda dari kegiatan-kegiatan worshop sebelumnya yang pernah diikuti para peserta, baik yang berkaitan langsung dengan Guru Pendidikan Agama maupun yang bersifat umum, baik yang diselenggarakan oleh internal MGMP maupun instansi lainnya. Sebagai contoh ada materi yang berkaitan dengan ICT di Internet dan Implementasi Google Apps dalam pembelajaran PAI yang dipandu oleh AGTIFINDO, peserta worshop begitu larut dalam kegiatan bahkan sampai jam 23.30 WIB yang biasanya jam 21.00 saja sudah “ngantuk”, tetapi kali ini sangat bersemangat hanya yang disayangkan adalah jaringan internet yang tidak mendukung. Bagitu juga dengan penyajian materi Metodologi Tamyiz, semua peserta dibuat seperti anak-anak bermain, tak sadar waktu terus berjalan padahal panggilan shalat Jum’at sudah berkumandang, jangankan mengantuk, yang tadinya kepalanya pusing saja jadi sembuh, semangat mengikuti arahan nara sumber.
Segudang harapan, sejuta keinginan. Tetapi yang pasti semua kembali kepada mindseat manusianya, Allah SWT kemudian berkenan memberi jalan dan kekuatan. Amin




Tidak ada komentar:

Posting Komentar